Senin, 20 Desember 2010

Pengantar bisnis minggu ke-4

Nama : agis tri rahayu
Npm  :20210279
Kelas  :1EB18

Tugas pengantar bisnis minggu ke 4


1.   SEBUTKAN PERBEDAAN WIRASWASTA  DAN WIRASWASTAWAN SERTA UNSUR  APA
      YANG DIMILIKI WIRASWASTA !

Jawab :
Wiraswasta adalah bidang usaha atau perusahaan yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertertentu atau bakat yang dimiliki  (wiraswstaan/enterpreneur).

Wiraswastawan adalah seseorang yang memiliki kepribadian tertt (wiraswastaan/enterpreneur). Secara kulitatif lebih dari manusia pada umumnya yakni memiliki kemampuan : berdiri diatas kekuatan sendiri, mengambil resiko, menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat, berorientasi kerja keras, kreatif, inovatif, motivasi berprestasi, dll

Unsur-unsur penting yang dimiliki wiraswasta :
1. Pengetahuan
2. Keterampilan
3. Sikap mental
4. Kewaspadaan

2.       BAGAIMANA PERKEMBANGAN  FRANCHISING  DI INDONESIA SEARCHING  DI INTERNET !
Jawab :
Konsep franchise pertama kali berkembang di Indonesia pada tahun 1970an, dengan berdirinya KFC, Swensen, dan Shakey Pisa yang kemudian diikuti oleh Burger King dan Seven Eleven.
Pada tahun 1990, melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik, politik yang stabil dan keamanan yang terjamin, para investor dari luar negeri mulai melirik Indonesia dan disini, franchise asing mulai booming di pasar Indonesia.
Pada tahun 1992, di Indonesia terdapat 29 franchise yang berasal dari luar negeri dan 6 franchise lokal, dan secara keseluruhan di Indonesia tersebar sekitar 300 outlet. Pada tahun 1997, jumlah franchisor meningkat hingga 265 franchise, dimana terdapat 235 franchise Internasional dan 30 franchise lokal. Dan jumlah outlet keseluruhan adalah 2000. Pada tahun 1997, terjadi krisis moneter di Indonesia.
Pada saat ini, diikuti oleh krisis ekonomi dan politik di Indonesia pada tahun 1998 yang mengakibatkan jatuhnya industri franchise di Indonesia. Banyak franchisor asing yang meninggalkan Indonesia dan hampir sekitar 500 outlet yang tutup oleh karena kondisi yang tidak mendukung ini. Pada saat itu, jumlah franchise dari luar negeri yang beroperasi di Indonesia menurun dari 230 hingga 170-180 franchise. Tetapi justru pada saat ini, franchise lokal mulai memadati pasar franchise Indonesia dari 30 meningkat hingga 85 merek produk yang berkembang.

3.       BERI 5 CONTOH RIIL  USAHA FRANCHISING YG BERGERAK DI BIDANG PENDIDIKAN, KESEHATAN, SALON & PERAWATAN, MAKANAN DALAM NEGERI/LOKAL, dan OTOMOTIF !
Jawab :
PENDIDIKAN : Jari Hitung Cepat Indonesia, SALEMBA, IBSC TV Presenter, IIAM, I-Tutor, Mindlab, LP3T Nurul Fikri.
KESEHATAN : Kimia Farma, Apotek K-24, Rebel Gym, Century Health Care, Sinergi Fitness Center.
SALON & PERAWATAN : Meji Mejiku Nail Salon, Aesthedica Skin Care, Pure Beauty Care, VZ Skincare, Mustika Ratu.
MAKANAN  DALAM NEGERI /LOKAL : DOKAR (Donat Bakar), Tahu Kress, Bola Ubi Madoo, Bakmi Gil, Mr Martabak Indonesia, Super Sub.
OTOMOTIF : CheapNClean, Auto Bridal, Cling Car Care & Car Wash, Fast & Drive, Shop & Drive, Raja Motor.

4.       JELASKAN PERBEDAAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN BISNIS  KECIL DENGAN CONTOH KASUS  YG NYATA !
Jawab :
Kewirausahaan adalah pelaku bisnis yang menerima resiko maupun peluang karena menciptakan dan mengoperasikan bisnis baru.

Bisnis kecil adalah bisnis yang dimiliki dan dikelola secara mandiri yang tidak mendominasi pasarnya.
Contoh nyata : Sebuah kasus bisnis yang nyata, bagaimana dua orang yang berlatar belakang bukan dari IT / computer, mampu menghasilkan 30-50 juta/bulan dari internet. Benar-benar kasus bisnis yang unique. Ini nyata, biasanya orang yang tidak berkecimpung di dunia internet marketing, menganggap hal ini masih tabu. Bahwa dikiranya berbisnis lewat internet hanyalah bisnis tipu menipu, padahal kenyataanya tidak lah begitu. Mungkin untuk di Indonesia sendiri, berbisnis lewat internet masih merupakan hal yang dianggap aneh, bagaimana orang bisa langsung percaya pada orang yang baru dikenalnya lewat internet dan langsung memberikan uang mereka disana. Padahal tidak se-simple itu, berbisnis di internet sama saja dengan berbisnis konvensional seperti biasa. Hanya saja mediasinya dilakukan lewat internet. Dua orang tersebut adalah para pembuat produk informasi terkenal asal indonesia. Yang pertama adalah Joko Susilo, di Indonesia sendiri Joko Susilo mampu menguasai pasar Indonesia dengan meraup keuntungan lebih dari 3 milliar sampai saat ini. Hanya dari internet. Yang kedua adalah Welly Mulia, pria berkebangsaan Indonesia Raya ini juga merupakan information product maker yang taringnya kelihatan sampai ke luar negeri. Ciri khas produk Welly adalah produknya lebih mengarah pada praktis, tetapi tanpa mengabaikan hal-hal yang bersifat konsep utama. Sehingga kalau kita membaca ebooknya serasa dituntun langsung oleh Welly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar